Berita Kategori - Bidang Perindustrian

Diposting : ADMINISTRATOR   Tanggal : 08 September 2021 08:02:08   Dibaca : 638 Kali

POSYANTEKKEL MAJU BERSINAR TUNON PUNCAKI PENILAIAN ALAT TTG 2021



Kegiatan Teknologi Tepat Guna (TTG) yang telah dilaksanakan sejak bulan April 2021 akhirnya selesai dengan diumumkannya Alat TTG terbaik tahun 2021 pada Selasa (7/9) di Sanggar  Pramuka. Gelar TTG untuk menampilkan alat-alat TTG yang dibuat oleh Posyantekkel se-Kota Tegal terpaksa batal dilaksanakan karena adanya PPKM.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal, R. Heru Setyawan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan Teknologi Tepat Guna (TTG) Tahun 2021 adalah yang terakhir kali dilaksanakan oleh Disnakerin. Tahun 2022 kegiatan ini akan diampu oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Sejak tahun 2017 kegiatan TTG dilaksanakan oleh Disnakerin, sehingga pembuatan alat TTG  terutama ditujukan untuk mendukung produktifitas industri kecil. Terjadi beberapa perubahan dalam pelaksanaan TTG tahun ini.  Dari 27 Posyantek Kelurahan di Kota Tegal dipilih 2 Posyantek Kelurahan di setiap kecamatan sebagai Posyantekkel unggulan berdasarkan proposal pembuatan alat yang dikirim oleh Posyantekkel.  Delapan  Posyantekkel tersebut mendapatkan dana stimulan untuk memproduksi alat TTG, dengan pendampingan Tim Mentor dari lembaga pendidikan selama 4 bulan.    

Penilaian alat TTG dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus hingga 31 Agustus 2021 bertempat di masing-masing kecamatan, dan Tim Penilai yang diketuai oleh Dr. Agus Wibowo, ST. MT (Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Panca Sakti  Tegal akhirnya memutuskan MESIN PENCETAK OPAK SINGKONG OTOMATIS yang dibuat oleh Posyantekkel Maju Bersinar Kelurahan Tunon sebagai Alat Terbaik I. Sedangkan alat terbaik II dan III berturut-turut adalah SI CANTIK DI RUMAH (Mesin Cacah Plastik) dari Posyantekkel Bangun Karya Kelurahan Kaligangsa dan PENGOLAH TAHU BEBAS LIMBAH DAN RAMAH LINGKUNGAN  dari Posyantekkel Perintis Kelurahan Panggung.

Menurut Dr. Agus,  seluruh alat TTG yang menjadi pilot project tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan dan diharapkan dapat direplikasi untuk dipasarkan hingga ke luar daerah.

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan ke teman Anda:

Form Komentar

Maksimal panjang teks 140 karakter, Silahkan komentar dengan bijak!
CODE

Agenda Bulan Ini

  • Tidak Ada Agenda Baru!

Statistik

Pengunjung hari ini : 106
Total pengunjung : 82283
Hits hari ini : 1506
Total hits : 1687959
Pengunjung Online : 3
Administrator Online : 1