Berita Kategori - Bidang Pembinaan Tenaga Kerja

Diposting : ADMINISTRATOR   Tanggal : 12 Agustus 2021 19:10:09   Dibaca : 35 Kali

DIGANDENG FH UPS, DISNAKERIN SIAP BERMITRA UNTUK IMPLEMENTASIKAN MBKM



Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Fakultas Hukum Universitas Panca Sakti (FH UPS) dalam penyelenggaraan Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) di Riez Hotel Tegal, Kamis siang (12/8).

MBKM yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi.

Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studi dan/atau di luar perguruan tingginya. Melalui program ini, terbuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya.

Dekan FH UPS Tegal Dr. Achmad Irwan Hamzani, M. Ag dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya Program Merdeka Belajar diharapkan perguruan tinggi dapat menghasilkan insan Indonesia yang unggul, profesional dan berkontribusi positif terhadap kesejahteraan kehidupan bangsa.

Kepala Disnakerin Kota Tegal, R. Heru Setyawan yang mewakili mitra dalam MoA menyampaikan MKBM merupakan terobosan baru di dunia pendidikan. Disnakerin siap mengawal kesuksesan program ini.
"Mahasiswa tidak hanya belajar di kampus. Ini saatnya mahasiswa mengembangkan kompetensinya. Selain knowledge yang sudah didapatkan di kampus, mahasiswa juga mendapatkan skill dan attitude di dunia nyata", ujar Heru.

Lebih lanjut dia menerangkan dengan MBKM inilah stakeholder terkait benar-benar harus bersinergi untuk mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (student centered learning) dimana mahasiswa dapat lebih mengembangkan dirinya sehingga nantinya menjadi sarjana siap kerja atau bahkan menciptakan lapangan kerja baru.

Heru juga berharap MBKM tidak dijalankan demi formalitas semata, tetapi harus menyentuh aspek substansial dan esensial dari program tersebut.

Selain Disnakerin Kota Tegal, turut hadir mitra lainnya yang ikut menandatangani MoA, antara lain: PERADI Kabupaten Brebes, DPD KNPI & Persekat Ki Gede Sebayu, PT. Tegal Road Construction, CV. Seven Miracle, Kantor Notaris Evy Indriasari,  dan Koperasi Rutela.

Program MBKM ini diharapkan dapat mencetak mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat. Kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih gayut dengan kebutuhan zaman. Link and match tidak saja dengan dunia industri dan dunia kerja tetapi juga dengan masa depan yang berubah dengan cepat.

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan ke teman Anda:

Form Komentar

Maksimal panjang teks 140 karakter, Silahkan komentar dengan bijak!
CODE

Agenda Bulan Ini

  • Tidak Ada Agenda Baru!

Statistik

Pengunjung hari ini : 107
Total pengunjung : 82284
Hits hari ini : 1529
Total hits : 1687982
Pengunjung Online : 1
Administrator Online : 1